Sidang Wawancara Penerimaan Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kepolisian

Dalam rangka penerimaan Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kepolisian, AKBP Irwansyah, SH., MH. membuat usulan rencana penelitian tentang Kejahatan Penipuan Travel Umroh dan Haji Serta Pencegahannya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi eksplorasi atas fakta, khususnya di bidang perjalanan umroh di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat serta bagaimana memperbincangkan fenomena tersebut. Pemilihan studio yang mempraktikkan perdebatan tentang bermodus umroh haji yang didasarkan atas rasionalitas akedmik praktis berikut ini: Pertama, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia Berdasarkan data yang dilansir oleh Forum Pew tentang Agama & Kehidupan Publik, penganut agama Islam di Indonesia berjumlah 209 , 1 juta jiwa atau 87,2 persen dari total penduduk. Jumlah itu merupakarn 13,1 persen dari seluruh umat muslim di dunia. Di agama islam terdapat rukun islam yang direkomendasikan yaitu Ibadah Haji atau naik haji jika dibutuhkan yang diminta untuk umat islam untuk menunaikan rukun islam tersebut.

Kedua, berjumlah 221.000 jemaah haji dan 33.000 jemaah umroh asal Indonesia pada tahun 2017 yang dilaksanakanyu beribadah ketanah suci menurut (http://kemenag.go.id). Semakin tinggi umat Islam yang meminta beribadah ketanah suci, menjadi peluang yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Terbukti lebih banyak agen perjalanan bermunculan yang menyediakan jasa perjalanan haji dan umroh, dari yang baru merintis sampai yang tengah dibuka cabangnya di kota-kota besar di Indonesia. Diperkirakan lebih dari 600 agen perjalanan umrah yang resmi terdaftar di Kementrian Agama Republik Indonesia menurut Kemenag

Ketiga, senang menyambut umat Islam yang membutuhkan beribadah haji dan umrah ketanah suci. Tidak resmi [09:35, 5/28/2019] IT Tri: mengingat antusiasinya umat islam yang menginginkan beribadah haji dan umrah ketanah suci. sehingga seacara tidak langsung juga memberikan kerugian nama baik untuk biro-biro perjalanan haji dan umrah lainnya. Untuk menghindari hal ini masyarakat dihimbau agar lebih memilih biro-biro yang berizin resmi telah ditentukan oleh Kemenag (Kementerian Agama). Janganlah tergiur dengan harga yang murah dalam membeli paket umrah, beli sesuai dengan harga yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama di Indonesia. Dan juga dilihat dari masa lalu yang menunggu sampai 2 atau 3 tahun lagi, seyogyanya umrah berbeda dengan haj sesuai waktu beribadah umrah tidak ditentukan.

Scroll to Top